Bikin Kaldu Bubuk Non MSG Sendiri Dirumah

Seringkali kali kita memilih untuk menggunakan kaldu bubuk instan, dibandingkan kaldu segar buatan sendiri. Kaldu bubuk non MSG juga bisa dibuat sendiri dengan mudah, lho! Kaldu sayuran bisa jadi kaldu yang dipakaikan dalam berbagai masakan. Selain kaldu segar, Anda juga dapat membuat kaldu bubuk sendiri di rumah. Tentunya tanpa kandungan MSG di dalamnya, bahan perasa, bahan pengawet, dan bahan tambahan makanan lainnya. Kaldu bubuk buatan sendiri tentu saja menggunakan bahan dan bumbu yang segar. Kaldu bubuk yang satu ini juga bisa digunakan sebagai penambah rasa pada sup, semur, tumisan, atau masakan lainnya. Selain, wortel, seledri, dan bawang bombay, Anda juga bisa menambahkan sayuran lain. Agar kaldu bubuk buatan Anda nantinya semakin gurih dan kaya akan rasa. Sayuran lain yang dapat ditambahkan, seperti misalnya bawang putih, tomat, daun bawang, jamur, atau daun basil. Sayuran yang memiliki ukuran besar, seperti misalnya wortel dan bawang bombay sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu. Setelah itu siapkan bahan lainnya. Dalam pembuatan kaldu bubuk juga memerlukan garam.

Pemakaian MSG memiliki pengaruh yang besar di dalam masakan. Masakan yang hambar bisa menjadi sedap dalam sekejap. Namun, penggunaan yang berlebihan dan terus-menerus juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk mengurangi konsumsi MSG, biasanya kaldu bubuk Non MSG menjadi salah satu pilihan untuk menyedapkan masakan. Tidak harus beli kok, kamu bisa banget bikin kaldu bubuk non MSG sendiri. Selain tanpa MSG, kebersihan dan kualitas bahan juga terjamin. Nah, berikut ini adalah cara membuat kaldu bubuk homemade!

Bahan yang diperlukan sangat mudah ditemukan, yaitu:

  • 300 gram daging ayam tanpa kulit, cincang kasar (bisa diganti daging sapi, udang)
  • 25 siung bawang putih
  • 1 butir bawang bombay, cincang kasar
  • 10 butir ketumbar
  • 100 gram wortel (potong-potong)
  • 1 batang daun bawang/prei (potong-potong)
  • garam secukupnya

Menghaluskan semua bahan

Kamu bisa menghaluskan semua bahan dengan menggunakan food processor atau blender. Usahakan jangan menambahkan air. Setelahnya tambahkan 1-2 sdm minyak jika bahan sulit untuk dihaluskan. Pastikan semua bahan benar-benar halus. Pasta kaldu selanjutnya dimasak dengan menggunakan wajan anti lengket. Aduk-aduk selama 20-30 menit untuk mengurangi kandungan airnya. Step ini menghasilkan kaldu berbentuk pasta.

Hasil setengah jadi: pasta kaldu

Pasta kaldu juga sudah bisa disimpan dan digunakan lho. Untuk penyimpanannya, pasta kaldu dapat disimpan di dalam toples yang steril. Pasta kaldu akan bertahan di dalam kulkas selama 1 bulan dan lebih lama jika disimpan di freezer. Kandungan garam yang digunakan akan berpengaruh pada lama penyimpanan pasta kaldu ini. Semakin banyak garam yang digunakan, maka pasta kaldu ini bisa awet lebih lama. Nah, jika kamu ingin membuat kaldu bubuk, kamu bisa lanjut ke step berikutnya.

Mengeringkan pasta kaldu menjadi kaldu bubuk

Setelah proses pemasakan, ratakan pasta kaldu di atas loyang kemudian dipanggang sekitar 30 menit pada suhu 150C atau sampai agak kering. Cek dan bolak balik sesekali, jangan sampai gosong. Jika sudah hampir kering, kamu bisa keluarkan dan selanjutnya blender hingga menjadi bubuk. Lalu panggang kembali hingga benar-benar kering. Pastikan jangan sampai gosong. Supaya lebih afdol, blender sekali lagi. Dan voila! Kaldu bikinan kamu siap disimpan dan dipakai untuk memasak.

Penyimpanan kaldu bubuk

Sama dengan penyimpanan pasta kaldu, kaldu bubuk bisa disimpan di dalam toples yang steril. Simpan di tempat yang sejuk dan kering. Kaldu bubuk bisa bertahan hingga 3 bulan penyimpanan.

Gampang kan membuat kaldu bubuk non MSG? Kaldu buatanmu bisa bikin masakan makin enak dan pastinya bikin kamu makin puas. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *