Ketahui Wisata Lengkap Pangandaran

Selain terkenal dengan pantainya, wilayah Pangandaran juga memiliki banyak ‘kolam nirwana’ di tengah hutan dengan air yang jernih. Pangandaran sendiri terletak di provinsi Jawa Barat, masuk ke dalam kabupaten Ciamis. Berada di ujung sebelah selatan pulau Jawa, Menurut berita Pangandaran. Pangandaran banyak memiliki pantai dengan ombak yang besar, maklum saja, Pangandaran memang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang diujungnya jauh banget itu mentok langsung ke Antartika. Tak heran jika Pangandaran menjadi tujuan wisata olahrga air yang menantang, apalagi Boboers pun akan disuguhi dengan panorama alamnya yang masih ‘hijau’ dan alami. Dan, inilah tempat wisata paling menakjubkan yang ada di Pangandaran. Sungai Citumang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan, menjadi magnet bagi wisatawan untuk ‘mencicipi’ kesejukan kolam nirwana ini. Sungai yang jernih dengan batu-batu padas yang berelung dalam serta lebatnya pepohonan yang mengelilinginya, membuat sungai Citamung bagaikan kolam tempatnya bidadari turun dari kayangan.

Waktu yang cocok untuk bisa mengunjungi sungai Citumang ialah saat musim kemarau, karena ketika musim hujan jalan menuju lokasi cukup licin dan sulit dicapai. Sungai Citumang tersebut terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, sekitar 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitaran 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Masih berada di Kecamatan Cijulang dikutip berita Pangandaran, nama Cukang Taneuh atau Green Canyon telah lebih dulu booming jika dibanding sungai Citumang. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit yang dramatis. Untuk mencapai tempat ini, Boboers perlu menyewa sebuah sampan dari dermaga Ciseureuh. Perjalanannya membutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan jarak sekitar 3 km untuk sampai ke Green Canyon. Sepanjang perjalanan, Boboers akan dibuat takjub dengan hijau teduhnya air sungai. Di mulut gua terdapat air terjun Palatar menambah suasana eksotis yang alami. Kejernihan airnya ini menjadikan sungai Citumang sebagai tujuan baru bagi Boboers yang ingin rafting di Pangandaran. Sungai Citumang ini hampir mirip dengan Green Canyon ala Pangandaran yang ngehits beberapa waktu lalu. Di sungai Citumang ini juga Boboers bisa menyusuri goa yang bernama Goa Taringgul. Sudah banyak paketan wisata yang menawarkan rafting di sungai Citumang.

Dari sini Boboers dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di tepi batu. Sesuai berita Pangandaran yang kami dapat, disana sudah ada ban dan pelampung bagi yang memilih untuk berenang. Meski harus menempuh cara yang cukup menantang, jangan khawatir, perjalanan ini aman bahkan untuk anak-anak 6 tahun ke atas, Boboers akan dipandu oleh pemilik perahu yang disewa. Selain panoramanya yang indah di atas permukaan air, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka menyelam. Anda bisa membawa misalnya saja alat selam, pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk. Bagi anda yang memang suka menantang adrenalin, dapat meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam. Begitu terlihat jeram dengan alur sempit yang semakin sulit dilewati oleh perahu berarti Boboers sampai di mulut Green Canyon. Di sinilah awal petualangan anda untuk menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai.

Untuk menikmati keindahan Green Canyon, pastikan Boboers datang saat masuk musim kemarau. Karena jika pada musim hujan, dikhawatirkan aliran sungai menjadi deras dan warna airnya pun akan menjadi coklat. Pantai Batu Hiu mempunyai pemandangan dramatis karena memiliki tebing cukup terjal yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Batu Hiu berjarak sekitar 14 km dari Pangandaran, tepatnya di Desa Ciliang Kecamatan Parigi. Pada bukit kecil yang ditanami pandan wong itulah tempat yang paling pas untuk membuat foto terbaik Yang unik, untuk naik ke atas bukit, Boboers akan melewati “gerbang” berupa terowongan kecil yang berbentuk ikan hiu, menurut berita Pangandaran karena hal tersebut kenapa pantai ini dinamakan Batu Hiu. Untuk Boboers yang bermain air laut di sebelah bukit, harus hati-hati dengan ubur-ubur yang banyak berserakan di pasir pantai ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *