Mengulas Berbagai Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Asam Urat

Bagi Anda penderita asam urat pasti ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan oleh dokter untuk dihindari. Meski tergolong memaksa, menghindari makanan pantangan asam urat ini semata-mata dilakukan untuk mencegah peradangan agar tidak berkembang semakin parah. Asam urat sejatinya merupakan fenomena ilmiah yang terjadi di dalam tubuh manusia akibat adanya peningkatan produksi purin.

Kandungan purin yang terus meningkat ini akan berdampak pada rasa nyeri dan panas pada bagian sendi jari tangan dan kaki. Rasa nyeri ini akan diperparah dengan bengkak hingga kesulitan berjalan. Meningkatnya produksi purin bisa disebabkan oleh berbagai jenis makanan yang masuk kedalam tubuh dan memiliki banyak kandungan purin. Berikut beberapa jenis makanan yang patut dihindari untuk penderita asam urat:

  1. Jeroan dan seafood

Jeroan merupakan jenis makanan pantangan asam urat yang terbukti banyak mengandung senyawa purin. Selain banyak memproduksi purin berbagai jenis jeroan seperti kambing, ayam dan sapi mengandung banyak lemak jahat. Lemak jahat ini akan berpengaruh pada kesehatan penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain jeroan berbagai jenis seafood seperti udang, teri, kepiting dan sarden masuk dalam kategori makanan berpurin tinggi. Selanjutnya ada daging yang juga menjadi makanan yang dilarang untuk penderita asam urat.

  1. Oalahan Daging

Di urutan kedua ada daging yang juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering oleh mereka penderita asam urat. Jenis daging seperti sapi, unggas dan kambing hanya boleh dikonsumsi paling banyak 170 gram perhari. Namun dengan catatan harus daging yang sama sekali tidak memiliki lemak. Porsi ini dirasa cukup untuk menekan kadar purin agar tidak melonjak pesat. Daging memang banyak mengandung purin, namun selama Anda memakan sesuai porsi yang dianjurkan maka masih tergolong aman. Di nomor tiga ada beragam jenis buah dan sayuran.

  1. Buah-buahan dan sayuran

Makanan pantangan untuk asam urat yang selanjutnya adalah sayuran dan buah-buahan yang tentunya mengandung purin. Untuk sayurannya sendiri berupa sayur kol, jamur, aspargus, bayam dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk buah-buahannya adalah buah rambutan, tomat, nanas, durian dan anggur. Selain itu, penderita asam urat juga tidak diperkenankan untuk mengonsumsi minuman bersoda, bir serta yang memiliki banyak kandungan gula.

Selain faktor makanan, banyak hal yang memicu seseorang terjangkit penyakit asam urat mulai dari kurang olahraga hingga faktor keturunan. Selain itu, faktor lain yang mungkin bisa saja memicu seseorang terkena asam urat adalah hipertensi, penyakit ginjal ataupun jantung. Orang dengan kondisi berat badan berlebih juga beresiko terserang asam urat. Selain itu obesitas juga memicu terjadinya penyakit gula dan kolesterol. Terakhir paparan pestisida serta terlalu banyak mengonsumsi obat semacam aspirin juga sangat rentan untuk menderita asam urat.

Asam urat juga dapat diobati dengan menerapkan pola hidup sehat dengan rutin olahraga serta medical check-up. Biasakan untuk selalu menjaga pola makan banyak minum air putih sekurang-kurangnya 8 gelas perhari. Untuk yang sudah terlanjur menderita asam urat usahakan untuk selalu menjauhi makanan yang menjadi pantangan asam urat dan mengganti dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi. Penyakit asam urat harus segera ditangani sesegera mungkin, meski terdengar sepele dan banyak orang yang mengalami penyakit ini tergolong dalam penyakit yang berbahaya. Jadi biasakan untuk mengobati dan mencegahnya sedini mungkin sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *