Solusi Mata Kering Saat Musim Panas : Insto Dry Eyes

It’s summer time! Sebagai manusia normal, kita harus bersyukur karena dianugerahi oleh Tuhan sepasang mata yang indah dan dapat berfungsi dengan baik. Mata adalah organ penting yang ada pada tubuh kita. Pepatah mengatakan, mata adalah jendela dunia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat apa yang ada di sekitar kita. Kita tidak bisa melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya jika mata kita bermasalah, seperti mata lelah dan mata kering.

Pada musim panas seperti sekarang ini, banyak orang yang mengalami masalah mata kering. Kita bisa dengan jelas mengetahui gejala mata kering, seperti warna kemerahan pada mata, mata sepet, dan terasa pegal serta lelah. Tak jarang mata akan terasa sangat perih ketika terlalu lama memandang layar gadget.

Banyak dokter mata yang mengatakan bahwa penyebab mata kering adalah karena kurangnya pelumasan yang bersumber dari air mata. Hal ini menyebabkan mata kita kurang mampu menyingkirkan benda-benda asing yang menempel pada bola mata yang nantinya bisa mengakibatkan cedera dan membuat mata terasa sangat tidak nyaman.

Pada kondisi mata yang normal, setiap saat kita memejamkan mata, kornea akan mendapatkan aliran air mata yang berfungsi sebagai nutrisi dan juga untuk menyingkirkan partikel-partikel mikro yang dapat mengganggu fungsi mata. Kandungan air mata tersebut berisi senyawa campuran dari air, lemak, dan ribuan jenis protein. Pada saat mata kita tidak mampu memproduksi air mata dalam jumlah yang cukup, permukaan luar mata yang berfungsi untuk meneruskan cahaya kedalam mata akan terganggu dan dari situlah timbul rasa tidak nyaman pada mata.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara merawat kesehatan mata kita terlebih lagi pada musim panas agar tidak mengalami mata kering, yaitu:

  • Rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin A, seperti worteldan apel.Vitamin A mampu menjaga kesehatan mata kita secara alami.
  • Sering-seringlah mengedipkan mata, agar kelembaban dan kebersihan bola mata terjaga. Jika mata kekurangan cairan, maka mata akan terasa kering dan bisa menimbulkan cedera pada mata berupa rasa sepet, pegal dan perih.
  • Membatasi jangka waktu penggunaan gawai seperti handphone, notebook, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan kacamata anti radiasi. Gawai yang kita gunakan sehari-hari tak pelak dapat memaparkan sinar radiasi yang bisa berakibat buruk pada mata kita. Gunakan kacamata khusus anti sinar radiasi agar mata terhindar dari sinar biru yang bisa mengakibatkan ketidaknormalan pada mata.
  • Menggunakan air mata buatan. Air mata buatan berfungsi sebagai pelumas jika mata kurang mampu memproduksi cairan air mata terutama pada saat musim panas.

Salah satu produk yang dipercaya untuk menangani masalah mata kering selama ini adalah Insto Dry Eyes dari Combiphar. Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata dan dapat digunakan sebagai pelumas sebagai pengganti air mata. Selain itu, bahan aktif Hidroxyprophylmethyl (3,0 mg) dan Benzalkonium Chloride (0,1 mg) yang terkandung di dalamnya ampuh dalam mengatasi cedera pada mata akibat kurangnya cairan.

Cara penggunaan produk ini cukup mudah, yaitu kita tinggal meneteskan 1-2 tetes pada mata kita yang bermasalah. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara rutin 3 hari sekali untuk mencapai hasil yang maksimal. Produk ini bisa dijumpai di apotik terdekat yang ada di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *